Saturday 28 August 2010

Batasi Waktu Berinternet

berhubung lagi mau nulis tapi bingung mau nulis apa, akhirnya malah jadi nulis penderitaan pribadi (lho?)
maksudnya adalaaah..aduh, gimana njelasinnya yaa?? (gubraaakkk!!)
jadi gini loh, seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa author blog ini adalah cewek malang yang hanya bisa online pas weekend dan hari libur saja (lebay mode: on)
yang menurut ayah bundanya adalah untuk melatih agar tidak kebablasan dalam berinternet.
nah, berhubung si author ga mau jadi satusatunya yang menderita begini, dia pengen bagi-bagi tips untuk 'eling', terutama bagi para pelajar nih,  supaya tidak menganggu hal lain. dikarenakan main internet bukan satu-satunya tugas, kan?

 1. make caranya si author ini, yaitu membatasi diri untuk main internet. misalkan ngga bisa kalo cuma tiap akhir minggu yaa, bisa kan 2-3 hari sekali. jangan setiap hari gitu maksudnya.

2. berhubung hp adalah benda yang biasanya setia, mendingan kita manfaatin si doski. pasang alarm! hahaha.. cara kuno tapi cukup manjur. misalkan kita patok main 2 jam, buatlah alarm agar berbunyi 15 menit sebelumnya.

3. buat agenda! lagi-lagi cara kuno, tapi kita kudu inget ada tugas dan pr dari guru! klo main terus ntar lupa dong..

4. buat kamu yang punya kakak atau adik, hom pim pah untuk menentukan giliran main! selain blajar untuk berbagi, lumayan biar ga main terus-terusan

5. kalo bisa komputernya tuh jangan yang begitu on bisa langsung berinternet, apa ya, yang kayak wireless gitu.. mending model yang pake modem kali yaa? biar misalkan kamu nakal, modemnya disita ama mama, habis tuh bisa vakum bentar deh. khukhukhu (evilsmirk)

6. kalo pas buka internet jangan cuma fesbukan sama donlodin lagu-lagu doang. banyak hal yang bisa kita pelajari di internet! siapa tahu ada cara ngerjain pr yang ampuh! nah lho, kan bisa sekalian searching and explore ilmuilmu baru getoo

7. be careful. kita nggak tahu dengan siapa kita berkorespodensi di internet. cowok bisa ngaku cewek. aki-aki bisa ngaku masih SMA. anak SD bisa ngaku udah kuliah. om-om yang anaknya udah seRT bisa ngaku masih bujang. bukannya mencap jelek friends, tapi berhati-hati itu ngga salah kan?

8. kegiatan sekolah juga asyik, kenapa ngga nambahin frekuensi kegiatan sekolah daripada ndomblong di rumah cuma on line terus?

9. inget, ngadepin mata terlalu lama ke layar ngga sehat buat mata! demi kesehatan si mata, sering-seringlah untuk memandang kejauhan ketika berinternet, paling ngga 10 menit dengan jarak pandang minimal 10 meter.

Internet emang penting, dan Internet udah jadi barang yang biasa bangeeet! tapi kita para pelajar ngga boleh lupa tugas utama. ntar kalo udah kerja, udah mapan, udah berduit, baru deh santai-santai..
sekarang ini, manfaatkan waktu sebaik-baiknyaa!

Happy Blogging!

4 comments:

  1. Siip lah...
    Harus rajin belajar & tdk boleh bercita-cita jadi koruptor (he...he...he).

    ReplyDelete
  2. satuju! eh, setuja! waduuh! setuju!! XD

    ReplyDelete
  3. @vini vidi vucinic:
    amin.. jangan sampe jadi koruptor..

    @nechan:
    hehe.. kta kan contoh2 yg menderita ya teh ;(

    ReplyDelete
  4. betul juga,.. harus ada waktunya tersendiri...

    ReplyDelete

Your comment is my pleasure. But please keep your word "save" for the readers :D