Monday 1 August 2011

Tips Sehat Selama Berpuasa

Assalamu'alaikum ya muslim wal muslimah..
Apa kabarnya dihari pertama puasa ini? Semoga senantiasa diberi kesehatan oleh Allah SWT..
Berikut ini aya mau bagikan sedikit tips berpuasa yang aya dapet dari berbagai sumber setelah menjelajah mbah gugel. Tadinya mau aya pake sendiri. Tapi aya pikir, kenapa nggak dibagikan aja? Lumayan nambah pahala di bulan puasa. :D
oke, langsung aja ya, cekidot!

1. Niat dan Tekad adalah hal utama
Tanpa niat dan tekad yang kuat, maka kita akan berat menjalankan ibadah puasa. Apalagi kalau menjalankannya nggak ikhlas. tapi kalau ketika beribadah dilandasi dengan niat dan tekad yang tulus karena Allah, maka Insyaallah akan lebih mudah dalam menjalankannya.

2. Jangan Lewatkan Sahur
Sahur adalah salah satu sunnah berpuasa dan penting dilakukan untuk tetap menjaga kebugaran tubuh selama puasa. Usahakanlah untuk sahur dengan menu yang seimbang. Dan jangan sahur terlalu gasik, sahurlah mendekati imsak.

3. Beraktivitaslah
Kebanyakan menganggap, kalau sedang puasa ya nggak usah beraktivitas. Tidur saja. Perlu diketahui bahwa anggapan ini adalah salah. Jika kita bermalas-malasan saat berpuasa, justru badan akan terasa letih. Lakukanlah aktivitas, walaupun tidak terlalu berat. Juga jangan memaksakan diri, karena pada awal puasa tubuh kita masih menyesuaikan dengan pola makan yang berubah.

4. Segerakan Berbuka begitu Mendengar Adzan
Begitu terdengar adzam maghrib, segerakanlah untuk berbuka. Jangan menunda-nundanya. Sebaiknya berbuka diawali dengan minur air putih dan makan makanan manis. kurma misalnya, atau barangkali kolak. Dan jangan jadikan berbuka sebagai ajang balas dendam setelah seharian berpuasa. Perut kita bisa sakit karena kaget dengna makanan yang masuk setelah seharian kosong.

5. Konsumsi Vitamin
Saat sahur atau berbuka, konsumsi vitamin untuk menjaga kondisi badan tetap fit. Perhatikan juga menu makanan, pastikan bahwa makanan yang kita konsumsi memenuhi kebutuhan gizi kita selama berpuasa.

Siip, itu aja yang bisa aya bagi, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
happy fasting! ^^

LovaPeace :*
Aya

1 comment:

  1. hi, good luck for your fasting =D 'selamat berpuasa'

    can I invite you to join my giveaway, pretty please?
    you can win ETUDE HOUSE aloha two two kiss for free ^_^
    (open for indonesian blogger only)
    thanks~~~

    Here's the link:
    http://sparkleapple.blogspot.com/2011/08/sponsored-review-etude-house-aloha-two.html

    ReplyDelete

Your comment is my pleasure. But please keep your word "save" for the readers :D