Sunday 16 December 2012

Menghabiskan Sore di Pantai Teluk Penyu

Hari Minggu yang cerah ini, seharian aku menghabiskan waktu dengan mengawal kakak kelasku (kelas XII) melakukan pemotretan untuk buku tahunan. Kami berpindah tempat kesana-kemari.
Tempat terakhir dilakukannya pemotretan adalah di Pantai Teluk Penyu.
Pantai Teluk Penyu itu terletak di Cilacap. Kenapa dinamakan Teluk Penyu? Katanya sih, dulu banyak penyu yang hidup di pantai ini. Namun sekarang sudah sangat jarang ditemukan penyu. Mungkin karena penyu sering diburu oleh manusia ya.
Berikut ini adalah beberapa jepretan amatir hanya menggunakan kamera hp, untuk memberikan sedikit gambaran tentang Pantai Teluk Penyu ini.


Pantai Teluk Penyu. Kebetulan yang kuambil adalah gambar yang menghadap ke Pulau Nusakambangan. Yap, dataran memanjang yang terlihat di foto itu adalah Pulau Nusamkambangan. Pulau Nusakambangan itu udah kayak semacam Alcatraz Island-nya Indonesia aja. Hehehe. Tapi pulau ini berjasa menyelamatkan Cilacap dari tsunami lho. Karena gelombang tsunami yang mengarah ke Cilacap terlebih dahulu pecah di pulau ini.



Hewan ini disebut kelomang dalam bahasa daerah Cilacap. Semacam hewan mirip kepiting yang mempunyai cangkang yang besar. Hewan ini sempat dipelajari di pelajaran biologi, tapi aku sudah lupa -___-


 Ini dia kelomangnya nongol! Lihat, unyu sekali kan hewan ini? Sulit lho menemukan yang memiliki ukuran tubuh dan cangkang yang sebesar itu. Biasanya paling hanya sepertiga dari yang kulihat ini.


Pantaiku, oh pantaiku. Di tengah-tengah sana, terlihat kapal tanker pengangkut batu bara. Di perairan lepas pantai memang ada kegiatan penambangan batu bara, untuk pembangkit listrik tenaga uap.

Pantai di Cilacap mungkin tidak seindah pantai di Bali atau di Lombok. Tapi aku tetap bangga dengan Pantai Teluk Penyu ini. Aku yakin jika pemerintah lebih pay attention dan lebih mengembangkan dan mengimprov lagi, Pantai Teluk Penyu nggak kalah dengan Pantai Kuta di Bali (aku belum pernah liat Pantai Kuta sih, habis belum pernah ke Bali, hehehehe) dan Cilacap bisa jadi kota tujuan wisata yang sama terkenalnya dengan Bali! (Aamiin..)

Nah, jika temen-temen bloggers berkunjung ke Cilacap, jangan lupa menyempatkan diri untuk menikmati keindahan Pantai Teluk Penyu ya! :)

LovaPeace :*
Aya

2 comments:

  1. Indonesia... Punya banyak pantai yg indah begini ya :)

    ReplyDelete
  2. Ya, karena Indonesia negara kepulauan jadi banyak pantainya.
    Bersyukur banget ya, jadi orang Indonesia :)

    ReplyDelete

Your comment is my pleasure. But please keep your word "save" for the readers :D