Thursday 24 June 2010

"Mama, mengapa mereka begitu kejam?"

aku lupa dimana aku mendengar pertanyaan itu.
tapi aku baru saja nonton Avatar 2009. dan aku melihat kekejaman disana.
mengapa manusia dengan kejamnya merusak alam?
tidakkah mereka melihat, bahwa alam adalah penopang kehidupan?
alam memiliki kekuatannya sendiri. tapi alam butuh untuk dijaga.
dan ada banyak manusia di luar sana yang selalu mengeksploitasi alam tanpa mengembalikan kemurniannya.

aku bukanlah seorang aktivtis lingkungan hidup. sekali lagi, I'm just ordinary girl.
apakah aku suka tanaman? biasa saja.
tapi aku selalu merasa damai ketika dikelilingi tanaman.
selain karena mereka menghasilkan oksigen, warna hijau itu menyejukkan mata.
aku tidak bisa berkebun, tapi melihat tanaman tumbuh subur, aku merasa senang.
tanpa takut akan ditebangi demi kepentingan manusia.
dan apakah aku suka hewan? biasa saja.
tapi aku senang jika para hewan hidup damai habitatnya.
tidak selalu gelisah karena diburu manusia.

aku tidak ingin munafik.
pakaianku terbuat dari serat kapas.
aku makan daging sapi, kambing, ayam, dan bebek.
aku menyampah, walaupun selama ini aku berusaha membuang sampah dengan benar.

ya, manusia mahkluk pandai.
ya, manusia makhluk pintar.
ya, manusia diciptakan dengan anatomi tubuh yang sempurna dibandingkan dengan makhluk lain.
tapi ya, dengan semua kelebihannya, manusia tidak pernah puas.

manusia hidup berdampingan dengan alam.
apa yang akan terjadi jika manusia merusak alam?

No comments:

Post a Comment

Your comment is my pleasure. But please keep your word "save" for the readers :D