Friday 2 July 2010

cara belajar ala aku

seperti yang sudah pernah kubilang di beberapa post sebelumnya, aku akan memosting cara belajar yang santai tapi oke ala aku kan? hehe. so, silakan baca dibawah ini! http://www.smileycodes.info
1. niat + mood

maksudnya harus niat dulu sebelum belajar. kalau nggak niat, nggak bakalan masuk. dan harus in the moo untuk belajar juga. biar belajarnya ikhlas alias nggak terpaksa. tapi nggak boleh menjadikan ini sebagai alasan untuk malas yaa. "lagi nggak niat", atau "lagi nggak mood", bukan alasan untuk nggak belajar. yang penting adalah sekali kalian berniat untuk belajar, jalankan! mood itu selalu bisa dibuat kok http://www.smileycodes.info

2. motivasi
waaah, ini nih, yang terkadang luput. motivasi itu super important.sooo necessary. tanpa motivasi, akan sulit untuk menumbuhkan niat untuk belajar... misalkan, untuk membanggakan orang tua, untuk mendapat nilai yang bagus, untuk masuk ke sekolah yang oke, untuk meringankan beban orang tua, dll. pokoknya motivasi itu harus ada. saya sendiri pernah mengalami krisis motivasi. hasilnya, nilai saya yang asalnya udah kayak telor bosok jadi kayak telor bosok digencet truk. http://www.smileycodes.info

3. ciptakan suasana!
nah, banyak yang meremehkan yang satu ini, tapi ini nggak kalah penting. gimana mau belajar yang enak kalo di samping kuping kamu ada orang yang lagi nggergaji pake gergaji mesin??
kalo kamu tipe yang suka ketenangan, belajar di malam hari atau dini hari mungkin pilihan yang bagus.
ngantukk...
iya tau ngantuk, makanya siang tidur dulu. kalau mau belajar malam atau dini hari, siangnya harus sudah tidur dulu. itung-itung istirahat. jangan lupa pasang alarm~!
kalo kamu tipe yang harus make musik, setel saja musik yang slow dikamarmu atau ditempat kamu belajar. misalkan kamu belajar di kafe atau mungkin diluar rumah pake headset.
kalo dikamar, setel aja dari hape atau player. jangan terlalu keras volumenya. selain menganggu orang lain, mendengar terlalu keras bisa merusak kuping dan mengurangi konsentrasi belajar.. pokoknya buat senyaman mungkin, tapi jangan lupakan orang di sekitar kamu juga butuh kenyamanan!
kalo kamu tipe yang gampang paham dengan bantuan gambar, buatlah catatan kecil tentang materi yang sulit buatmu dengan gambar-gambar penjelas. kalo bisa buat yang lucu dan berwarna-warni untuk merangsang otak.
kalo kamu tipe yang suka mbaca, nah... asal kamu selalu mau meluangkan waktu untuk membaca dan bersungguh-sungguh, gampanglah! asal jangan kayak aku, yang dibaca cuma novel ama komik doang http://www.smileycodes.info

4. fokus
fokuslah pada apa yang sedang kamu kerjakan atau kamu tuju. kamu sedang belajar, maka belajar saja. jangan disambi dengan sms sama pacar atau nonton tv. pacar yang baik pasti mengerti kalau kamu sedang belajar, dan dia pasti akan mendukung kamu. lebih bagus lagi kalau kamu nggak punya pacar (bukannya ngelarang), seandainya nggak ada pacar, pikiranmu nggak terbagi-bagi dan tidak terbebani seandainya ada masalah dengan pacarmu. kenapa? karena masalah paling sering datang dari pacar http://www.smileycodes.info

5. no BKS!
BKS = Belajar Kebut Semalam
biasanya baru belajar kalau besoknya ujian. saya juga dulu begini nih. dan hasilnya bener-bener nggak oke. kalo kamu tipe yang ngelirik materi sekali langsung dong, apal, ngerti, mudeng, sih nggak masalah. kalo tipe yang kayak aku yang kayaknya baru mudeng kalo tuh materi direbus trus diminum, harus dihindari nih!
tiap pulang sekolah, sambil mberesin buku dibuka-buka dikit. biasanya nih, kalo belajar yang nggak disengaja, misalkan nggak sengaja mbaca gitu, lebih nyantol di otak..
apalagi kalau mau ujian, minimal nih ya, seminggu sebelumnya udah nyicil, biar kalo malem nggak begadang http://www.smileycodes.info

6. minta bantuan teman/keluarga
tanya jawab dengan teman kan pasti asyik tuh! atau minta ibu untuk memberimu soal, jadinya nggak cuma mbaca aja, yang kamu baca itu harus dites, masuk apa nggak ke otak? http://www.smileycodes.info

7. latihan soal
tiap hari belajar tapi nggak pernah ngadepin soal? nggak siip nih. gimanapun juga kalau ujian kita kan menghadapi soal, semakin banyak soal yang kita kerjakan, semakin terbiasa kita menjawab. lagipula biasanya banyak soal yang diulang-ulang. kan untung tuh http://www.smileycodes.info

8. belajar kelompok
walaupun lebih seringnya malah jadi main atau ngobrol kalo belajar kelompok, cara ini bisa dicoba juga! sekalian bisa cari teman juga. misalkan nih, ada temenmu yang agak nerd, tapi pinter! kan kasihan dia, kamu berteman sama dia, sekalian bisa belajar bareng. tapi jangan kamu manfaatkan yaa, jangan cuma dicari pinternya doang.. http://www.smileycodes.info

9. berdoa yang utama
at last but not the least, BERDOA. bukankah ada pepatah mengatakan, usaha tanpa do'a sombong, do'a tanpa usaha bohong. karena itu do'a dan usaha harus selalu seiring..http://www.smileycodes.info

so friend, ini emang ala aku, beberapa malah baru-baru ini aja kuterapkan. tapi aku berharap semoga ini bisa berguna buat kalian semua. keep spirit! Ganbatte kudasai! http://www.smileycodes.info

1 comment:

  1. seru,, seru!!
    nice tip sist...

    kalo saya pernah berhasil belajar dengan sukses dengan cara direkam.

    dulu pernah baca tipe2 cara belajar manusia di bukunya Quantum Learning,, katanya ada yg dengan Gambar,, Lewat Pendengaran,, dan Praktek Langsung (lupa istilah2nya). habis baca buku saya yakin kalo cara belajar saya dgn media gambar itu lebih efektif. tapi prakteknya saya suka ngiri sama temen2 yg naik angkot ke sekolah,, mereka bisa baca2 dijalan. sedangkan saya pengguna sepeda motor ga bisa belajar di perjalanan. akhirnya saya punya ide ngerekam suara sendiri di HP, setelah sebelumnya merangkum pelajaran,, ternyata terbukti efektif!

    sampe kuliah saya kebiasaan memuter rekaman suara saya sendiri sepanjang perjalanan menuju tempat ujian,, rekamannya sendiri di bagi2 beberapa bagian. jadi kalo lupa tinggal puter ulang di jalan. nyampe kampus pas ujian rasanya seger banget tu pelajaran2 yg sy rangkum sebelumny masi nempel di kepala.

    kekurangannya cara beginian cuma efektif untuk jangka pendek,, beberapa hari setelah ujian saya lupa lg apa yg saya rekam itu,, hehe. tapi lucunya bertahun2 kemudian pas saya nggak sengaja ngotak-ngatik hp,, rekaman itu masih ada. lucu aja denger suara sendiri... wehehe

    ReplyDelete

Your comment is my pleasure. But please keep your word "save" for the readers :D